BvS atau Civil War?

Assalamu’alaikum… ohok-ohok. Kalo blog ini rumah, tebel debu yang nutupin udah 3 senti, kali. Yup. Udah 3 tahun sejak post saya yang terakhir, dan saya kembali dengan judul: BvS vs Civil War.

Wut. Is that really the best that you can do, Ly?

I dunno. Memangnya seharusnya diisi apa? Update kehidupan? Aih. Nggak ah, jaman sekarang banyak stalker. Ku takut. Hiiy.

Okelah. Kita masuk aja ke bahasannya.

Tadinya mau masang poster film Batman v Superman disandingkan dengan Civil War, biar post ini ngehitz. Ah tapi apa dinyana cuma ngepost lewat hape. Ya, emang lagi bosen aja sih dan baru inget ada blog ginian yang bisa dijadiin tempat nyampah yang terpublikasi. Okelah!

Sebelumnya mungkin bahasan ini udah basi banget. Maklum lah saya kan suka telat-telat gitu, orangnya, yaudahlah ya. Lanjoet.

Membahas BvS dan Civil War adalah membahas dua major publisher komik ternama; DC Comics dan Marvel. Saya bukanlah penikmat komik hero, melainkan hanya penikmat film genre superhero. Jadi ya, maap-maap kalo bahasan ini kurang luas cakupannya disebabkan pengetahuan saya yang cetek.

Marvel atau DC?

Sebenernya saya ini orangnya Marvel banget. Hampir setiap film Marvel saya tonton di bioskop, sunnah ghairu muakad. Dari jaman Spiderman si Tobey McGuire, sampe terakhir Civil War. Tapi overall the best Marvel film itu Guardians of Galaxy. Yoi. I am Groooot!

Sedangkan DC? Hmmm. Ini BvS aja baru nonton tadi pake toren. Ahaha-ups. Eh tapi sebenernya DC film mulai bener-bener muncul kapan sih? Ku malas googling, harus insert new tab. The Dark Night Trilogy bukan termasuk DC film kan? Itu Nolan punya?

Kalo soal best superhero film of all time, tentu aja The Dark Night. Ditonton berjuta kali, masih membekas di hati. Saya sampe cireumbay (apa ya bahasa indonesia-nya.. berkaca-kaca?) nonton The Dark Night. Heath Ledger (Alm.) is the best villain on the screen! Oom Bale is da best Batman of all time! (sori Mang Affleck..)

Simpulannya? Kalo Marvel film main saya langsung ngacir ke bioskop, tapi best superhero film di lubuk hati saya hanyalaah The Dark Night, which is not officially produced by DC but still the characters are based on it.

Superman atau Captain America?

Hmmm. Jujur, saya ini paling gemes liat tokoh cowok ganteng yang mudah galau. Bukannya gemes yang kyaaaa tapi lebih ke gemes yang kesel. Iya kesel soalnya udah diberi anugerah wajah ganteng kok masih aja galau! Stand up for yourself dong, mas-mas! #loh

Steve dan Clark adalah tipe cowok tersebut. Why? Kenapa? Karena mereka menanggapi cinta mereka dengan naif dan berlarut-larut. Contohnya Steve, yang dari dulu selalu dibikin galau sama (yang katanya) sohibnya, Bucky. Udah pada tau kan lah ya gimana ceritanya. Ya pokoknya kalo yang main Captain America: Winter Soldier itu saya, baru 20 menit juga bakalan udah kelar! Soalnya dari awal si Bucky tetiba nyerang saya, yaudah bakalan saya langsung habisin aja tu anak. Karena daripada galau mau ngebunuh-nggak-ngebunuh-nggak, saya sih udah kesel duluan, kayak:

Bucky koq kamu jahad sih mau coba bunuh akyu? Katanya dulu kita Bro?! Oke kalo gitu Bucky, LO-GUWE-END. Gue abisin lu sekarang.

Lalu tamat.

Emang saya kurang berperasaan. Itu kan Bucky dalam pengaruh mantera hasemeleh-nya Hydra itu kan? Kok dibunuh, jangan dong! Jahat! Mungkin itu pikiran kalian. Ah. Tapi kalo saya mah, untuk apa mempertahankan Bucky. Toh Bucky yang dulu.. bukanlah yang sekarang. Hubungan kita pun udah berbeda, udah gak layak dipertahankan. #loh

Oke. Kalo Superman? Lebih parah sik. Superman dengan naif-nya gak pake topeng, tapi dia sok-sok kaget pas Lex Luthor udah tau kalo dia itu Clark Kent. Plis deh! Eh tapi ini mah yang bego satu kota Metropolis.. dengan Lex pengecualiannya.

Tapi saya masih lebih milih Superman, deh. Soalnya cinta doi ke Lois Lane masih lebih masuk akal dibanding obsesi Capt ke Bucky. Haha.

Batman atau Iron Man?

Ah! Pilihan yang sulit, dua-dua-nya adalah kojo saya, jagoan saya. Beneran, deh. Man-made hero itu emang selalu lebih keren dibanding yang emang natural born. Mereka jadi hero karena keinginan sendiri, mostly mungkin bored karena kebanyakan duit ya.. tapi tetep sih, keren! Alatnya bikin sendiri, ini sih yang bikin keren. Pokoknya keren!

Apalah artinya DC tanpa Batman. Apalah artinya Marvel tanpa Iron Man.

Tapi ya namanya harus memilih… hiks. Karena ini konteksnya BvS berarti saya harua pake Batmannya Ben Affleck, ya. Hm. Kalo pake yang Chris Bale tentu aja saya bakal pilih Oom Bale! #biased tapi karena Ben Affleck ya… saya pilih Iron Man aja deh!

Bukan, bukan karena ganteng siapanya. Saya sebagai wanita bisa menilai objektif tanpa melibatkan faktor wajah. Ehem.

Batman Affleck saya kurang suka karena.. dia bisa aja dibegoin sama Lex Luthor. Apa itu? Masih sekelas Lex Luthor, ck. Padahal di The Dark Night masih bisa ngakalin Joker. Yah. Juga pas battle sama Superman, dia berhenti nancepin spear-nya karena denger nama emak Superman sama kayak nama almarhumah emaknya. Hmmm. Agak nyinetron gitu ya.

As for Iron Man, despite all the greatness aka the badass-ness of the actor, Om RDJ, the character still has its own flaw. Yaiyalah, yang sempurna cuma Tuhan. Hm. Saya sih seneng sama sifat Tony yang suka cari gara-gara (gak sengaja nyiptain Ultron, bragging alamat rumah ke Mandarin sampe rumahnya dihancurin, lol), tapi di Civil War ini keliatan satu karakter Tony yang jelek: mudah dendam. Iya sih soal orangtua-nya.. tapi yha, kalopun dia bunuh Bucky apa ortunya bakal bangkit? Kan nggak. Atau mungkin Tony cemburu Capt lebih perhatian sama Bucky? Ecieeciee… haduh, salah genre.

Anyway, Tony Stark aku padamu.

Lex Luthor atau Professor Z?

Prof Z? Bener gak sih? Ya pokoknya itu deh. Mastermind yang ngadu domba Capt vs Iron Man.

Terus milih yang mana?

Kalo dari segi acting, tentu aja Jesse Eisenberg eh maksudnya Lex Luthor ya. Saya salut sama Kang Jesse yang dulu aktingnya masih cupu di Zombieland, trus mulai keren di The Social Network, jadi cool di Now You See Me, sampe sekarang bisa meranin Lex versi psychopath. Bisa membuat saya luntur tak terbayang lagi dengan sosok Pak Kevin Spacey, yang sedari dulu sudah terpatri di otak ini kalo doi itu Lex Luthor banget. Hebat Kang… jaya terus! #loh

Tapi kalo dari alur cerita… Prof Z lebih keren. Maksudnya, dia yang literally no one alias orang biasa kayak kita-kita ini bisa mengobrak-abrik organisasi macem the Avengers yang anggotanyapunya kekuatan setengah dewa (si Vision makhluk batu akik), nyelundup dapetin mantera hasemeleh-nya Hydra, bunuh prajurit rahasianya sampe buat Capt dan Iron Man bunuh-bunuhan. Gila, manusia biasa doang sob! Itu sama aja kayak saya seorang proletar yang lagi leyeh-leyeh ini berpikiran untuk mengadu domba Putin dan Kim Jong Un biar berantem terus perang. Bisa ya? Lah, saya aja gak yakin bisa.

Jadi untuk ini, masih imbang, tergantung liat darimana.

Black Widow atau Wonder Woman?

Satu hal yang gak pernah berubah dari industri hiburan: fan service. Market terbesar dari film genre superhero begini tentunya cowok-cowok. Dimana makhluk cowok ini butuh yang seger-seger, maka diadakanlah tokoh perempuan yang seger.

Emang banyak tokoh lain, tapi menurut saya yang jadi sasaran utama fan service dari Civil War adalah Black Widow dan BvS adalah Wonder Women. Trus saya pilih mana?

Ya Black Widow lah! Dari karakter juga dia lebih berperan. Wonder Woman gunanya di film BvS apa juga saya masih bingung. Tapi kalo dari ukuran fisik, masyaAllah… subhanallah… Gal Gadot cantik banget. Kalo saya cowok mungkin abis nonton BvS tadi wallpaper desktop laptop saya langsung ganti yang ada Mbak Gal Gadot-nya.

Finally…

BvS atau Civil War?

BvS ini ide ceritanya bagus, cuma penyajiannya agak kurang. Awal film perpindahan alur antara Clark n Bruce masih kurang smooth. Saya juga masih nggak ngerti sih kenapa Bruce bisa sebel ama Superman? Murni karena collateral damage kah? Emang Bruce sendiri kalo lagi nge-batman gak pernah ada collateral damage? Pasti ada. Yaudah dong sama aja. Masih agak aneh pokoknya.

Oh ya satu lagi yang saya gemes. Pas Superman battle lawan Batman. Sumpah deh itu gak usah kejadian kalo dari awal si Superman ngomongnya gak iprit-iprit macem ‘you dont understand..’ *bruk ditonjok* ‘you dont know what i mean..’ *blakk digaplok* dst sampe ujungnya mau ditusuk pake kryptonite. Harusnya dari awal Superman langsung tereak:

WOY BRUCE SADAR WOY. Kita tuh selama ini dikerjain si Lex Luthor, say. Kita diadu domba biar bunuh-bunuhan. Sekarang si kamfret itu nyulik nyokap gua namanya MARTHA. Sekarang buruan beres-beres kita capcus kesana! Yok!

Lalu setengah jam dari total 3 jam durasi film pun akan terselamatkan. Ha.. ha.

As for Civil War… gak ada yang mau saya kritik, sih. Ada humor-nya juga sih. Gemes aja sama si Capt masih ngebelain Bucky, harusnya udah dilenyapkan aja tu anak. Hahaha. Iron Man yang pendendam, Black Widow yang muka dua.. ah, tapi itu kan bagian dari cerita ya. Udah bagus lah. Ah, ya! Kurang adegan romantis antara Scarlet Witch dan Vision. Saya ship mereka berdua soalnya, lucu.

Overall?

Tetep Civil War. Hiks, sori BvS. Tapi dua-duanya tetep menghibur, kok.

Jayalah terus dunia per-superhero-an Mamarika! #loh

Leave a Reply

