Galeri Masakan Selama Liburan; Tempe Katsu dan Udang Saus Whitepepper

Seminggu kemarin akhirnya saya sempat pulang ke Bogor, atas titah dari sang Mutter untuk ngajarin adek saya belajar mau ulangan umum. Nah… Di rumah saya yang di Bogor kan banyak makanan dan bahan makanan juga (alhamdulillaah, beda banget sama di rumah nenek yang saya tempatin selama di Bandung), sebagai perempuan kreatif harapan bangsa dan tanah air tentunya saya gak tinggal diam, melainkan mencari akal untuk mengolah bahan-bahan masakan tersebut. Weitsah…

..Boong deng. Sebenarnya saya ini gak jago masak. Baru belajar malah. Berhubung umur udah kepala 2, berarti saya harus berbenah diri agar siap untuk membina rumah tangga (naon, padahal calonnya aja belum ada). Salah satu cara berbenah diri adalah belajar memasak. Tapi ada satu hal yang aneh disini, saya gak mau belajar masak bareng ibu saya, soalnya ntar malah ibu saya yang ujung-ujungnya masakin.. karena beliau suka hebring sendiri ngelihat kelakuan saya yang aneh kalo masak (sampah bawang belepotan kemana-mana, ngulek bumbu seenaknya sampe jatoh, dll). Makanya saya melakukan eksperimen ini ketika ibu saya pergi menjemput adek saya di sekolah. Jadi pas ibu dan adek saya pulang kira-kira pas menjelang waktu Ashar, tiba-tiba masakan saya udah jadi aja (kalau eksperimennya berhasil) atau ibu saya tidak tahu apa-apa dan segala jejak di dapur telah dibersihkan (kalau eksperimennya gagal).

Langsung aja deh. Yuk.

1. Steak Tempe, Tempe Katsu, atau apapunlah itu.

Resepnya bisa kalian googling di internet, dengan keyword diatas.

Tempe Katsu Saus Hot Tuna. Sausnya beli, belom bisa bikin sendiri.
Tempe katsu, anak-anak suka!
Cheese-tempe-burger hot tuna sauce.

Sebenernya adonannya gak 100% tempe, saya tambahin ayam boneless rebus sedikit sama tahu juga. Tapi mayoritas sih emang tempe. Alhamdulillah, eksperimen ini terbilang cukup sukses. Adek saya suka, mamah saya suka, malah suruh saya jualan burger tempe karena belum hip di pasaran. Terus satu burger tempe lagi dimakan sama entah teteh saya atau bapak saya sampe habis. Kyaaa… semoga ini bukan hanya untuk menghibur saya semata.

2. Udang saus whitepepper.. yang rasanya malah jadi kayak udang kecap-mentega.

Kenapa whitepepper? Karena di rumah adanya itu, dan saya terlalu males untuk pake jaket terus pake kerudung terus belanja ke warung.

Udang tepung saus whitepepper. Penampilannya lumayan, rasanya?

Kalo untuk yang ini.. bisa dibilang gagal. Hiks. Padahal awalnya juga udah gagal. Jadi saya cobain bikin sausnya.. eh taunya kebanyakan tepung terigu jadinya kentel pisan. Lalu saya pun membuang sausnya. Namun masih penasaran, saya coba lagi dengan terigu yang lebih sedikit. Akhirnya lumayan sukses, tapi ternyata kalau udah dingin sausnya jadi gak enak. Hiks. Adik saya gak suka, katanya sausnya kemanisan. Bapak saya dan ibu saya gak bilang apa-apa. Teteh saya pas pertama nyicipin bilang enak, tapi setelah mendengar kata adik saya itu gak enak, dia jadi berubah pikiran pada cicipan yang kedua. Hiks. Hiksss.

Jadi ya.. Begitulah seputar eksperimen saya dalam hal masak-memasak selama liburan. Semoga bisa nambah lagi, ya kalo udah di Bogor lagi yah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s