Tentang Pacaran

Cuma ingin ngeshare dari teteh mentoring saya waktu SMA, dia juga dapet dari kultwitnya @udayusuf (mantan presiden KM ITB) tentang #cinta. Yuk mangga disimak.

mau nanya, orang tuh pacaran lama lama tujuannya apa ya ? kenapa ga nikah aja ya sekalian ? #cinta

kita berceloteh dikit ya ttg #cinta , semoga sedikit banyak ada manfaatnya.

kini kata #cinta seakan sangat mudah di ucap, aku cinta kamu dan sejenisnya di ucapkan kepada orang yg hanya kita “suka” atau “senang”

seakan2 kata #cinta adalah kata yg mudah di obral. tanpa pertimbangkan tanggungjawab hati yang harus dijaga.

bicara #cinta itu mudah, tp sadar gak sobat, bekasnya kadang sulit dilepaskan. nangis dan kadang berdarah2 utk menghilangkan bekas #cinta

okelah, sekarang pacaran disebut sebagai media perkenalan.tapi masa sih perlu bertahun2. ucapan #cinta terus di ucap.tapi komitmen ga berani

saya sepakat kita perlu kenalan dulu dgn calon kita sblm memutuskan hidup bersama. tp saya pikir itu semua ada batasnya. #cinta

kenalan itu sebatas apa ? sebatas tau nama?sebatas pegang? atau sebatas tanpa batas? #cinta

emangnya kalau udah kenal luar dalem membuat kamu akan semakin#cinta dan kamu menjamin akan menikahi nya ? hmm ..

kamu mau pacaran, saya ga mau ganggu gugat. itu pilihan. tapi kita perlu sadar batas itu semua. #cinta

karena #cinta itu bukan bunga, puisi, jemput anter, nonton bioskop. cinta itu menanggung penuh hidup pasangan kamu. seutuhnya

kalau di pikiran kamu cinta itu hanya seneng2. coba refleksikan kawan.#cinta itu suci. mari kita mulai dgn hal yg suci dan kuatkan komitmen

kalau memang benar #cinta , pasangan kamu ga butuh bunga mawar yg banyak, ia cuma butuh kamu meminangnya dengan bismillah.

satu sentuhan, dua pegangan, tiga rangkulan, empat kecupan, lima apa lagi ? itu ya yg dinamakan #cinta ? sesempit itukah ?

kalau kamu #cinta , sentuhan, pegangan, rangkulan, kecupan dilakukan dlm keadaan halal. malah jd ibadah. perkuat kesempatan masuk surga

sobat, coba deh kembali refleksikan diri. sudah benarkah kita memandang#cinta kita ke pasangan kita?sudahkan perlakukan kita pantas ?

wanita butuh kepastian. kasih kepastian padanya, kalau kamu akan menikahinya segera. tidak mengantung dgn alasan blm mapan. #cinta

cari kemapanan mah tdk akan ada tuntasnya sobat. punya motor pengen mobil dst. tapi kemapanan #cinta lah yg perlu kamu siapkan

saya menikah di usia 23. blm mapan. tp saya coba buktikan #cinta saya. penuhi kebutuhan istri dan keluarga dgn utuh. Allah memapankan saya

kamu cuma butuh keberanian, percaya sama Allah, pacaran terlalu lama bukan pilihan bijak bagi sucinya #cinta kamu. utarakan niat menikah

cinta itu bukan dgn sms setiap detik, telepon setiap saat, tetapi #cinta itu. komitmen utk hidup bersama. berbagi semua rasa yg ada

perempuan pun juga jgn terlalu polos dan ikut saja. jgn terjebak pada rayuan #cinta semu. kalau memang dia cinta, dia akan segera menikahimu

saya mohon maaf , saya tdk sedang mengharamkan pacaran atau apapun. itu pilihan kamu. saya cuma ingin mengajak kita menghargai#cinta

kalau kamu masih ingin senang2. saya mohon, jangan senang2 dgn perasaan lawan jenis kamu. sakit rasanya bila tdk jd menikah kelak. #cinta

kita lahir dr #cinta suci kedua orang tua kita, kita hidup dgn cinta Allah. yuk kita juga mengekspresikan cinta dengan cara yg tepat.

mengutip buku mas @salimafillah “pacaran setelah menikah”… saya praktekkan setiap hari sekarang. jalan2 mulu sama istri kmn2 #cinta

kamu belum mapan? doa sama Allah agar diberikan penghasilan yg cukup. kamu masih ragu? doa sama Allah meminta petunjuk hidup. #cinta

sayang aku cinta kamu | apa buktinya? | ini bunga utk kamu | ah itu mah bukan cinta, kalau cinta , buru ketemu ayahku dan khitbah aku #cinta

sayang aku mau ketemu ayah kamu, tp aku… ummm err | aku apa ? blm yakin? yawdah kita udahan dulu ya sampai kamu yakin. #cinta

kok gitu sayang ? | kalau kamu udah yakin, ga usah temui aku, temui ayahku saja. aku butuh komitmen bukan gombalan murahan. #cinta

kamu galau ? tau gak kenapa ? karena kamu masih mempermainkan#cinta .. coba serius dgn cinta. ungkapkan dgn mahar terbaikmu

saya pertama kali menyentuh istri saya stlh ijab kabul.sumpah deg2an saya.hal pertama salim (sentuh), hal kedua kecup kening. #halal #cinta

Allah sangat paham manusia, punya rasa, punya nafsu. makanya dibuat skema #menikah utk menyatukan #cinta dua insan dlm payung keimanan

saya sedang tdk menyinggun siapapun, saya tdk sedang kompor2in siapapun. saya mengajak sahabat semua utk berkomitmen akan #cinta

jomblo itu bukan nasib buruk. justru jomblo itu mulia. membuat kamu terjaga dari kesempatan mengkhianati #cinta

kalau kamu pacaran ganti ganti. berapa banyak bekas #cinta yg kamu mau tinggalkan. kasian perempuan yg pernah kamu bilang “cinta” itu

hargai hati dia sobat, maka Allah juga akan menjaga hati kamu. biarkan hati ini tak punya bekas hingga #cinta sejati menghampiri

tolak bunga, kado, puisi dll dr si dia. katakan padanya “aku cuma ingin satu hal, sebuah cincin di jari manis yg buat #cinta kita suci”

tiada kehinaan buat seorang jomblo justru itu mrupakan kemuliaan.krn kamu akan menemui pasangan stlh menikah dlm keadaan tanpa bekas.#cinta

kamu galau , tweet kamu galau. itu menandakan diri kamu penuh bimbang. tidak kuat fondasinya. fondasi itu adalah #cinta yg suci sobat 🙂

Alhamdulillah setelah menikah, diri saya lebih matang menghadapi ujian, produktif mengisi waktu, bahagia setiap saat. tdk lagi galau. #cinta

kata lagu nya oppie ya kalo ga salah “I’m single and I’m very happy” ya, senang krn berhasil mensucikan #cinta

saya gak cukup yakin, makin lama kamu pacaran, makin kamu kenal dgn pasangan kamu. ada jaminan kah ? kalau nanti ga jd gimana ? #cinta

bukan lamanya pacaran lah yg menentukan keberhasilan pernikahan, tetapi kekuatan niat dan ikhlas dalam berkomitmen akan #cinta yg penting

knp kalau saya kulwit #cinta banyak yg RT ya ? kalau kultwit #BKK dan#negarawanmuda ga sebanyak ini. banyak tweeps yg galau ya ? hehe

sobat, jangan berani bicara #cinta kalau kamu belum berani menanggung semua kebutuhan hidup pasangan kamu. pantaskan diri kamu dulu

kamu ingin mendapatkan wanita itu? maka pantaskanlah diri kamu dihadapan Allah, dan biar Allah yg bukakan pintu hati wanita itu. #cinta

ah. #cinta itu sederhana. sangat sederhana. hidup bersama. bangun mimpi. saling menanggung. dan masuk surga bersama . sederhana kan ?

Gimana? Keren kan? Makjleb kan?

Aih, saya jadi bersyukur saya udah gak pacaran lagi dan gak akan mau lagi. Cukup sekali aja ya, saya kapok. Selain alasan yang dikemukakan @udayusuf yaitu tentang kemurnian cinta, juga bisa ditinjau lagi sebenarnya apa gunanya sih pacaran? Saya yang sudah pernah sekali dan gak akan mau lagi pun hanya menemukan satu kegunaan; menjadi lebih bisa memahami orang lain. Itu pun temporer. Karena lama-lama capek hati juga memahami terus, tapi gak dipahami. Apalagi ini untuk orang yang belum jelas apa dia nanti jadi suami saya atau ndak.

Pacaran juga banyak kerugian khususnya untuk kaum perempuan. Meskipun kalian sudah berkomitmen untuk gak ada pegang-pegangan atau kontak fisik ya, tetap aja ada ruginya. Gini kan, sudah kodratnya bahwa lelaki itu mencari sedangkan perempuan itu dicari. Nah kalo misalnya nih, kamu perempuan, udah pacaran lamaa banget sampe usia kamu umurnya hampir 30 tahun. Karena sesuatu terjadi (takdir Allah siapa yang tahu), akhirnya kamu putus. Nah yang cowok kan gampang tinggal mencari perempuan lain, umur dia yang udah 30 tahunan pun bukan masalah besar karena masih produktif. Nah, kalo yang cewek? Apa dengan umur 30 tahunan begitu apa yakin masih dicari? Ya memang jodoh gak akan kemana, tapi coba deh pikirin tahun-tahun umur si cewek sebelum 30 tahun itu menjadi sia-sia karena dihabiskan untuk ikatan yang tidak pasti. Rugi banget kan?

Selain itu di sisi lain, misalnya saat kamu lagi pacaran, ada orang lain yang sebenarnya lebih baik dibandin pacar kamu dan dia juga tertarik sama kamu, tapi dia menyerah karena saat itu kamu punya pacar. Terus akhirnya dia cari perempuan lain. Terus padahal ujung-ujungnya kamu sama pacar kamu juga putus. Hah…

Nah ini ada kumpulan tweet dari @PKSJerman yang gak kalah oke, tentang bagaimana konsep jodoh itu dan bagaimana sejarah Nabi Adam dan Siti Hawwa dipertemukan saat diturunkan ke dunia:

0. Kultuit ini berjudul #pacarannn # pacarannn #pacarannn #pacarannn #pacarannn #pacarannn, skdr sebuah pandangan atas hal tsb 🙂

1. Manusia sekelas nabi Adam pun gelisah saat beliau msh sendiri… . #pacarannn

2. Sebgmn semua laki2 yg di kmdn hari dilahirkan oleh ibunya ke dunia, nabi Adam adl manusia biasa. #pacarannn

3. Mengapakah gelisah? Krn setiap org memerlukan teman yg bisa diajak berbagi. # pacarannn

4. Apa yg dilakukan saat itu? Nabi Adam berusaha menuntut byk ilmu, bbg nama2 benda yg diajarkan oleh Allah swt. #pacarannn

5. Allah mengetahui kebutuhannya… manusia pertama yg Ia ciptakan itu membutuhkan pasangan. #pacarannn

6. Kmdn Allah pun menciptakan pasangan baginya, dan ini adl salah satu dari tanda2 kebesaran-Nya. #pacarannn

7. Hari2 berlalu, nabi Adam as bersama sang istri (Hawwa) hidup bersama di surga-Nya yg tenang. #pacarannn

8. Namun mrka berdua tergelincir melanggar larangan Allah, shg diturunkan ke bumi di tempat yg terpisah. #pacarannn

9. Di bumi, nabi Adam & Hawwa hidup terpisah dgn jodohnya, selama sekian ratus thn lamanya. #pacarannn

10. Menurut para ahli sejarah, Adam diturunkan di sekitar India sdgkan Hawwa di Jeddah (jazirah Arab). #pacarannn

11. Akhirnya Allah mengijinkan mrka berdua bertemu di Jabal Rahmah (gunung kasih sayang), Padang Arafah. #pacarannn

12. Saling merindu, Nabi Adam menempuh perjalanan yg lbh jauh & berliku dlm mencari jodohnya dibanding Hawwa. #pacarannn

13. Dmkn pulalah kecenderungan manusia hga saat ini: kaum laki2 lbh byk bergerak & perempuan cenderung menunggu. #pacarannn

14. Pasangan manusia pertama itu diciptakan utk bersama di surga, kemudian terpisah saat diturunkan ke bumi. #pacarannn

15. Bhw sesghnya kita semua diciptakan berpasang-pasangan, dan tlh ditentukan lahir, mati & rezeki (termasuk jodoh) kita. #pacarannn

16. Kita tdk bs memilih kpn kita lahir & siapa orang tua kita, tdk pula tahu di mana & kpn kita meninggal dunia. #pacarannn

17. Jg siapa jodoh kita, sdh ditentukan dlm bab rezeki. Bgmn-kah konsep jodoh itu? #pacarannn

18. Apakah setiap org menikah dgn jodohnya? Tdk ada yg tahu pasti, maksimal kita hanya bisa merasakan, iya atau tdknya. #pacarannn

19. Nah, msg2 sdh disiapkan jodoh, pasangan terbaik & paling cocok utk kita. Disiapkan langsung oleh Sang Pencipta. #pacarannn

20. Apakah kita akan dipertemukan dgn jodoh kita di dunia atau di akhirat kelak, itu pun bagian dari takdir-Nya yg agung. #pacarannn

21. Yg bisa dilakukan saat blm dipertemukan dlm pernikahan adl meneladani nabi Adam: mempelajari ilmu sebyk mgkn. #pacarannn

22. Juga, sebgmn Adam & Hawwa setelah diturunkan terpisah ke bumi, berusaha mencari jodohnya yg terpisah. #pacarannn

23. Nah, setelah tuit2 pendahuluan tadi, mari kita masuk ke topik utama… #pacarannn 🙂

24. Dimulai dgn sebuah pertanyaan: # pacarannn itu apa yak? Dari doeloe ada byk sekali versi yg beredar & berbeda-beda.

25. Ada yg bilang klo #pacarannn itu proses menuju pernikahan. Tp ada jg yg berpendapat ngga harus menuju… yg ptg ada suka-sama-suka

26. Kesimpulan smtr, #pacarannn itu cdrg diartikan pd “hubungan spesial” antara seorg laki2 & seorg perempuan seblm pernikahan.

27. Muncul pertanyaan baru: apakah proses #pacarannn dgn org yg bukan/blm menjadi suami/istri kita itu memang hrs atau wjb dilalui? 🙂

28. Dan muncul jg pertanyaan, emg # pacarannn itu aktifitasnya ngapain aja yak? Positif atau negatif? 🙂

29. Nabi Adam sbg manusia pertama pun resah saat Hawa blm diciptakan. Apalagi saat diturunkan terpisah di dunia. #pacarannn

30. Nah, konsep jodoh td jg mendukung bhw msg2 dr kita sebnrnya sdh pernah berpasangan dgn jodoh kita seblm dilahirkan. #pacarannn

31. Kmdn kita “diturunkan” ke bumi, terpisah dgn jodoh kita. Mengapa dipisah? Utk menguji, apakah kita mau mengambil hikmah. #pacarannn

32. Salah satu hikmah-Nya yg mulia adl, agar kita tdk menyerah! Trs berusaha bertemu dgn jodoh kita di dunia. #pacarannn

33. Hikmah yg lain? Agar kita berbaik sangka kpd-Nya, bhw kita akan dipertemukan dgn jodoh kita… segera! *aminnn 🙂 #pacarannn

34. Yg sgt layak kita inget2, jodoh kita adl yg terbaik & disiapkan utk kita… selain itu, jelas bukan yg terbaik. #pacarannn

35. Mgkn ada yg bilang… #pacarannn itu kan penjajakan, biar lbh tau apakah pacar kita itu jodoh kita atau bukan.

36. Bs jd itu ada bnrnya. Tp jgn lupa, bahkan stlh menikah pun tdk ada yg tahu pasti apakah seseorg itu jodoh atö bukan. #pacarannn

37. Tanya yg udah nikah deh, max hanya bisa merasakan jodoh atö bukan. Tp tdk tahu pasti & perasaan bisa keliru. #pacarannn

38. Klo buat penjajakan? Justru blm tentu yg diperlihatkan selama #pacarannn itu yg orisinil. Jgn2 isinya pencitraan mulu. 🙂

39. Ayo dong, langsung bahas yg lbh dalem. Gimana, blh ngga sih, kita #pacarannn itu? OK… siap2 yak… 🙂

40. Skrg kita liat dulu, ngapain sih # pacarannn itu… telpon2an? Tukeran pic? Nonton bareng? Gandengan? Ciuman? Atau…? 😉 dll.

41. Di Quran dijelaskan bhw semua laki2 yg normal pasti punya kecenderungan pd perempuan, dmkn jg seblknya. #pacarannn

42. Jd tertarik pd lawan jenis itu normal. Tp apa ini bisa jd alasan beraktifitas #pacarannn spt td? Ayo kita periksa.

43. Dlm byk bhsan ttg hub antar-lawan jenis, ada istilah “menikmati” yg bisa berarti bbg aktifitas pd #pacarannn.

44. Contoh, klo ada laki2 yg memandangi wajah perempuan, itu sdh dikatakan menikmati. Apalagi menyentuh & membayangkan yg lbh. #pacarannn

45. Apalagi jika – na’udzubillah – sampe jatuh ke free-sex, itu sdh lebih dr menikmati, itu merenggut kesucian perempuan. #pacarannn

46. Adapun perempuan yg menyediakan dirinya utk dinikmati wajahnya, kulitnya dsb, pelan2 ia sdh mengurangi kesucian dirinya. #pacarannn

47. Maka pertanyaan utk para laki2, relakah jika jodoh Anda yg msh disimpan keberadaannya oleh Allah itu, dinikmati org lain? #pacarannn

48. Sdgkan utk para perempuan, tdkkah Anda ingin memberikan yg terbaik utk suami nantinya? Menyimpan rapat2 semua utknya? # pacarannn

49. Apabila seorg laki2 sdh yakin seorg wanita adl jodohnya, mk ajaklah utk menikah. Shg Anda tdk mengurangi kesuciannya dgn #pacarannn.

50. Klo blm mampu? Maka sebaiknya tdk mengurangi kesuciannya dgn menikmatinya. Pergilah & berpuasalah. Jodoh tak lari ke mana. #pacarannn

51. Tapi #pacarannn kan enak? Enaknya cuma secuil, mas bro. Yg laki2 tdk terlalu merasakan jeleknya. Perempuanlah yg TERHINA dgn itu.

52. Ayat? Hadits? Dalil? Banyak. Bejibun. Ngga kurang2 lah. Tinggal kitanya aja gimana. # pacarannn

53. Nah, skrg, jika ada di antara kita yg terlanjur jd aktifis dlm #pacarannn… gimana dong enaknya? #eaaa 🙂

54. Pertama-tama sebaiknya msg2 jujur pd diri sendiri, bhw ada sesuatu yg hilang selama beraktifitas #pacarannn. Bisa cek tuit kmrn. 😉

55. Kedua, jgn kuatir soal “siapa yg akan mengisi hati”. Perempuan yg baik, niscaya jodohnya adl laki2 yg juga org baik. #pacarannn

56. Ingat, salah satu hikmah Adam & Hawwa diturunkan terpisah di bumi adl agar msg2 bersabar & berusaha sebaik mgkn. #pacarannn

57. Maka kita jg hrs bersabar & trs memperbaiki diri. Siapa pun yg bukan jodoh kita, bukanlah yg terbaik utk kita. Pasti. #pacarannn

58. Jaga baik2 diri kita, persiapan to the max utk sebuah ikatan suci yg Allah teguhkan dlm al-Quran. Tdk perlu pake #pacarannn, tuips. 😉

59. Yakinlah, bhw Allah takkan mengingkari janji-Nya. Ia Yang Maha Sempurna, Ia lbh mengetahui ttg diri & jodoh kita. #pacarannn

60. Sekian dulu ttg #pacarannn, tuips… smoga bermanfaat. Mhn maaf klo ada yg krg berkenan atas kultuit ulangan dr bbrp bln lalu ini. ;D

Nah! Ngena banget kan?

Jadi sebenarnya rasa kagum, rasa suka, yang para darah muda alami saat ini hanyalah cerminan rindu hatinya terhadap jodohnya.. Karena bahwasanya manusia itu tidak diciptakan untuk hidup sendiri. Semua manusia pasti punya kecenderungan untuk berbagi, bergantung, berinteraksi dengan orang lain.

Saya pun udah gak mau mengambil rasa suka itu sebagai hal yang terlalu serius lagi. Ya saya anggap itu memang hanyalah cerminan rindu hati saya terhadap jodoh saya. Syukur-syukur kalo yang saya suka itu jodoh sama saya (amiin), tapi kalo nggak? Yah sudahlah. Namanya juga hidup ya.

Yang penting sekarang mau kayak Nabi Adam, sebelum dipertemukan dengan jodohnya, mempelajari ilmu sebanyak mungkin. Yeah! Soal jodoh serahkan saja lah pada Allah Ta’la. Percaya aja. Sambil terus berdo’a dipertemukan dengan yang terbaik. Amiiin…

Do’akan saya bisa istiqomah ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s