Menjadi Fans Kpop adalah Hal yang Pelik

Bahkan bagi sebagian orang, lebih pelik daripada kasus menggambar streamline dari superposisi source, vortex, dan doublet.

Well.. kenapa?

Coba kalian tilik lagi orang Korea itu kayak gimana.. Warna kulit sama-sama putih semi kuning begitu. Matanya kecil. Bibir mayoritas tipis. Tinggi gak jauh beda. Kalo artis postur tubuh dijaga ideal jadi ya segitu aja. Rambut warnanya berubah-ubah tergantung dari nampil dimana atau lagi bawain lagu apa. Nah. Terus letak kepelikannya? Ya di bagian membedakan artis satu dengan artis yang lain! Khususnya girlband dan boyband yang lagi hip-hipnya nih. Beuh… Saya sih udah sering ngira kalau mereka itu dilahirkan dari rahim dan hari yang sama alias kembar.

Saya sendiri mulai memperhatikan dan mendengarkan KPop itu dari BigBang. Yap. Lagunya memang enak-enak. Saya mulai dari satu lagunya, yaitu Fantastic Baby. Lanjut ke Blue, Bad Boy, dll. Hingga sampai suatu saat saya bingung, sebenarnya BigBang ini jumlah personilnya ada berapa? Kok pada berubah-ubah gitu tampilannya? Kenapa kok sepertinya ada dua orang yang kembar? Sebenarnya yang itu cewek atau cowok? Dan pertanyaan ambigu yang lainnya.

BigBang, ternyata cuma ada 5 orang, cowok semua.

Akhirnya saya pun bertanya pada teman-teman saya yang udah jadi fans Kpop sejati. Dia pun mengusulkan saya untuk menonton salah satu Parody Shownya BigBang, yaitu pelesetan dari Secret Garden. Masih merasa gelap, saya pun mencari live shownya dan menonton video mereka lebih banyak lagi. NAH! Akhirnya disinilah saya mulai tercerahkan. Sekarang saya bisa menyebutkan dari kiri ke kanan; GDragon, Seungri, Taeyang, Daesung, dan TOP.

Tidak berhenti di Bigbang, saya pun mulai lihat-lihat artis Kpop yang lain. Rekomendasi dari temen-temen juga. Malah waktu saya nginep di salah satu rumah temen yang penggemar Kpop, saya dicekokin video-video Kpop sampe tengah malem. Khususnya SHINee. Tapi anehnya, setelah nonton videonya berkali-kali di rumah temen itu, saya cuma bisa bedain dua orang dari 5 orang yang ada.

Jaket kuning itu Taemin, jaket cokelat Onew, sisanya gelap.

Anehnya setelah nonton reality shownya SHINee pun saya tetap hanya bisa membedakan Onew dan Taemin. Saya pun akhirnya menyerah dengan SHINee.. lagipula lagunya juga gak ada yang enak. Cuma terlalu catchy dan gampang keputer di otak terus aja.

Menyerah dengan boyband, akhirnya saya beralih ke girlband. Dimulai dari temen saya yang suka nyanyi-nyanyi ‘sowhoneul marebhwa’, akhirnya saya yang diliputi oleh kebosanan terhadap selera musik yang gitu-gitu aja pun mulai googling dan donlot lagunya. Ternyata yang nyanyi SNSD alias Gir’s Generation. Wow. Ternyata catchy dan melodinya lumayan enak. Akhirnya saya nonton videonya di youtoube dan.. wow…

Kembar 9 orang!

Eits tapi kok.. akhirnya saya puter lagi. Ternyata yang kembar cuma 8 orang dengan satu orang berbibir tebal yang gampang dibedakan. Ditonton lagi.. Ternyata ada 4 orang kembar dan 4 orang kembar lagi ditambah si satu orang berbibir tebal itu. Loh. Terus saya cerita ke temen-temen saya… mereka dengan lancarnya menyebutkan siapa nama personilnya padahal saya cuma sebut ciri fisiknya aja. Contoh saat saya bilang yang bibirnya tebal, langsung pada bilang, ‘Sunny’.

Kemudian salah satu teman saya yang ‘agak berbeda’ bilang kalo dia lagi suka nonton drama Love Rain, saat saya sedang mengunjungi kosannya. Saya pun dikasih lihat cuplikan dramanya. Yang main ceweknya cantik. Nah. Katanya namanya Yoona, salah satu personil SNSD. Hemm… Lalu sesampainya di rumah, saya nonton video Genie lagi, dan hasilnya..

Ada 4 orang yang kembar sama Yoona!

Wah. Ternyata tidak membantu. Sama sekali tidak. Akhirnya sampe saya bener-bener udah bosen sama lagu Genie, saya tinggalkan SNSD dan perjuangan saya untuk membedakan personilnya. Biarlah semua kandas di tengah jalan. Namun pada suatu saat temen saya yang lain lagi duduk di belakang saya nyanyi-nyanyi, ‘we bring the boys out, we bring the boys out,’ yang ternyata itu lagunya SNSD juga. Wah. Saya pun penasaran lagi. Didonlot lah. Walhasil sembari menghitung kecepatan vortex di suatu titik saat UAS Mekanika Fluida saya bergumam-gumam sendiri, ‘We bring the boys.. out! We bring the boys.. out!’

Ternyata ada 1 Sunny, 4 Yoona, 3 Taeyeon, dan 1 SooYoung.

Perkembangan saya mulai meningkat, yeah! Saya mulai bisa membedakan yang mana Sunny dan yang mana SooYoung secara unik. Akan tetapi setelah googling biografi diiringi nonton videonya lagi.. Perkembangan saya masih stagnan. Yah. Apa mungkin harus berhenti disini? Entahlah.

Akhir kata dari post yang panjang dan penuh link lagi gak penting ini, saya ucapkan kekaguman yang tulus dari dalam hati saya pada seluruh penggermar Kpop di Indonesia, karena seseungguhnya mereka adalah orang-orang yang hebat, karena bisa dengan mudah membedakan idola-idolanya yang mukanya mirip-mirip dan gampang berubah kalo didandanin dikit aja begitu. Saya kagum. Sungguh, saya kagum pada kalian.

Terutama kepada para penggemar Super Junior alias Suju atau Susah Maju. Wessss. Gila! Hebat bener. Ada 13 orang (eh apa 12? Gatau deh ubah-ubah mulu) meeen… Gimana ngebedain dan ngapalin namanya tuh? Buset dah. Apalagi baru dateng ke Indonesia kan yak Jum’at-Sabtu-Minggu kemaren. Beuh.

SuJu. Saya cuma bisa bedain Siwon, tapi di foto ini pun gak tau Siwon yang mana.

Sungguh kalau saya sih daripada disuruh ngapalin alias ngebedain personelnya tiap manggung atau tiap video… Mendingan ngerjain superposisi doublet sama vortex dah. Yuk.

(akhirnya pasrah menerima takdir sebagai engineer)

Wassalaamu’alaikum.

Advertisements

4 thoughts on “Menjadi Fans Kpop adalah Hal yang Pelik

  1. Punya pikiran yang sama sih, pengen mengutarakan hal serupa, tapi ya takut melukai orang yang ngidolain… *halah… lebih takut balik dibilang, “lha itu pemain bola yang jumlahnya banyak parah, bisa hafal”

    tapi emang susah bedain kok… ada yang lebih banyak, AKB48… nampaknya, kalau suka, jadi lebih mudah hafal…

    1. Hoo.. Tapi kalo pemain bola kan potongan rambutnya beda-beda kak, terus ada bantuan nama di nomer punggungnya juga jadi lebih mudah inget. *loh

      Oh iya AKB48 personelnya banyak banget terus suka gonta-ganti ada beberapa generasi gitu yak, wakakaka. Intinya harus jadi fansnya bener2 sih, harus rajin nontonin reality shownya, dll, berarti harus ada tekad yang kuat, baru bisa hapal. Makanya ini yang ngebuat para Kpop/Jpop boyband/girlband fans itu spesial..

      1. oh iya ding, ada nomer, nama, kostumnya, jadi lebih gampang nginget…

        kalau kadung suka atau seneng, gak perlu tekad kok… otomatis sendiri… bahkan bisa ngalahin tekad yang lain… tekad belajar misalnya… ahaha…

      2. hahaha iya juga ya.. Mungkin saya kurang bisa ngapal SNSD karena saya cewek, kalo cowok mungkin bisa cepet hapal. *loh

        Btw salam kenal ya kak, maaf follow blog kakak duluan (padahal belum kenal), habis blognya unik dan sering diupdate sih, hoho.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s