Kenapa ya, orang-orang pada ngebet sekolah tinggi-tinggi?

Ya memang semua juga pengen sekolah tinggi-tinggi. Saya juga pengen. Tapi ngebetnya itu lho. Sampe kalo di kampus saya ada program Fast Track (lulus S1 dan S2 dalam jangka waktu 4.5 tahun kalo ndak salah). Hemm. Dari dulu saya selalu heran dan mikir begini, ‘Emang gak bosen sekolah mulu ya? Gak ingin terjun ke dunia kerja? Gak ingin praktek yang lebih nyata?

Memang bagus sekolah tinggi-tinggi, memang keren jadi ahli banget sampe spesifik pisan di bidang tertentu. Iya, keren saya juga kagum sama yang kayak begitu. Tapi apa gak ingin mengalami terjun ke dunia nyata? Ya belajar memanage orang, bergaul di lingkungan kerja, berorganisasi gitu. Saya ngerti kok sebagian orang kurang bisa beradaptasi dengan orang lain ataupun kurang lancar berkomunikasi dengan orang lain (saya juga termasuk kok hiks) jadi lebih memilih mendalami ilmunya sendiri hingga sedalam-dalamnya. Tapi apa gak pengen gitu ya masuk ke industri, selain pengaplikasian nyata dari sains yang dipelajari di kuliah, juga bisa melihat ‘kehidupan manusia yang sesungguhnya’. Gimana bedanya teman dan klien, teman dan partner. Melihat atau mengalami kepicikan dan keegoisan manusia yang seringkali dikamuflasekan dengan rapi sekali denga sesuatu yang dinamakan ‘kebaikan’ atau ‘keramahan’ atau sejenisnya. Halah.

Saya sendiri meskipun soft skillnya sangat cetek, tapi saya ingin melihat ‘dunia nyata’. Entahlah. Saya orangnya seneng memikirkan sesuatu yang gak dipikirkan orang lain, mengambil beberapa frame of reference dalam mengomentari suatu masalah, lalu tertawa sendiri ketika menemukan bahwa akarnya hanya sifat-sifat dasar manusia. Aneh ya? Iya emang aneh.

Makanya kalo saya mah ingin langsung terjun ke industri, mengambil pengalaman practical sebanyak-banyaknya, syukur-syukur kalau dibiayain perusahaan untuk ambil degree selanjutnya. Kalo biaya sendiri mah ogah ah ya.

Ah, saya ingin banget ke Jerman!

Amiin yaa robbal’aalamiin.

Leave a Reply

