FAQ: Kenapa milih masuk Penerbangan? Kenapa gak Mesin aja?

Frequently Asked Question buat orang yang baru kenal lalu ngobrol sama saya.

Dulu saya jawabnya ngasal, ‘Yah karena lebih menantang,’ atau ‘karena lebih spesifik,’ malahan, ‘karena lebih keren,’ atau semacamnya. Toh sebenarnya dulu saya milih jurusan ini karena petunjuk dari sholat istikharah.

Tapi setelah hampir dua semester kuliah di AE, saya jadi tahu alasannya:

Karena anak Penerbangan belajar Mesin, sedangkan anak Mesin gak belajar Penerbangan.

Got it?

No offense sama semua mahasiswa Teknik Mesin di seluruh dunia. Jurusan kalian keren kok. Apalagi yang di Indonesia, di ITB, himpunannya keren banget, termacho malah, saya aja suka kyaa-kyaa. Ini sih opini pribadi saya, karena memang benar anak Penerbangan belajar Mesin, cuma gak terlalu spesifik kayak kalian, karena ada entitas bernama Aerodinamika, Astrodinamika, beserta teman-teman lain sepersaudaraannya yang harus lebih dipahami. Intinya kalo menurut saya disini diajarin dasarnya dari Mesin dan memang diaplikasikan (toh dulu juga jurusannya disatuin), tapi ya itu, ada entitas-entitas tadi yang hanya dipelajari sama anak Penerbangan aja.

Jadi intinya sih kalo anak Penerbangan ngerjain kerjaan anak Mesin insyaAllah bisa (cuma mungkin butuh beberapa waktu bentar untuk mengembangkan lagi konsepnya tapi kan intinya konsep dasarnya mah udah dapet), tapi kalo anak Mesin ngerjain kerjaan anak Penerbangan, belum tentu bisa.

Bangga? Iya dong!

Leave a Reply

